Bertani itu Keren, Dinas TPHPKP Soppeng Pastikan Regenerasi Petani Berjalan -->

Halaman

Bertani itu Keren, Dinas TPHPKP Soppeng Pastikan Regenerasi Petani Berjalan

RAKYATINFO.COM
, Januari 24, 2022 WIB
masukkan script iklan disini
Sekretaris Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, Dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Kabupaten Soppeng, Ariyadin Arif 


RAKYATINFO, SOPPENG - Sekretaris Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, Perkebunan, Dan Ketahanan Pangan (TPHPKP) Kabupaten Soppeng, Ariyadin Arif memastikan regenerasi petani di Kabupaten Soppeng berjalan dengan baik.

Data rekapitulasi Dinas TPHPKP Soppeng Tahun 2021, dari 49.556 Petani RDKK di Kabupaten Soppeng, 9.789 orang diantaranya merupakan petani milenial.

Dengan rincian, Kecamatan Marioriwawo 1.502 orang, Liliriaja 1.106, Lilirilau 2.087, Lalabata 987, Donri-donri 1.118, Marioriawa 1.360, Ganra 1.249 dan Citta 377.

Petani milenial merupakan konsep Kementerian Pertanian, para petani milenial ini berusia antara 17-39 tahun.

Para petani muda ini diharapkan bisa menggantikan petani-petani yang sudah tua yang saat ini masih mendominasi.

"Para petani milenial yang ada di Soppeng ini dilatih dan di sekolahkan sehingga menjadi petani yang berwawasan luas dan memiliki keterampilan," kata Ariyadin, Senin (24/1/2022).

Ariyadin sendiri menilai sudah ada perubahan paradigma terkait profesi petani saat ini. Sektor pertanian mulai dilirik oleh generasi muda semenjak adanya konsep pertanian berbasis teknologi.

"Sekarang menjadi Petani itu sudah dianggap keren. Apalagi disaat pandemi seperti saat ini, yang tetap produktif cuma petani, semua sub sektor itu macet kecuali sektor pertanian," ujar Ariyadin. (id)




Komentar

Tampilkan

Terkini