Dorong Masyarakat Kembali Gunakan Minyak Kelapa -->

Halaman

Dorong Masyarakat Kembali Gunakan Minyak Kelapa

, Maret 09, 2022 WIB
masukkan script iklan disini
Wakil Bupati Soppeng, Lutfi Halide


RAKYATINFO, SOPPENG - Wakil Bupati Soppeng, Lutfi Halide mendorong masyarakat untuk kembali menggunakan minyak kelapa ditengah kelangkaan minyak goreng.

Menurut Lutfi, minyak kelapa bisa menjadi alternatif pengganti untuk memasak. 

Terlebih cara membuat minyak kelapa juga sangatlah mudah dalam pengolahannya, lebih praktis dan juga ekonomis.

"Bahan-bahannya juga mudah ditemukan. Ini yang akan kita coba sosialisasikan ke masyarakat dengan menggelar pelatihan pembuatan minyak kelapa, Insya Allah kita coba mulai di Leworeng, hari Jumat ini," kata Lutfi, Rabu (9/3/2022).


Melansir dari Tempo.Co, selain untuk memasak, minyak kelapa mengandung banyak khasiat yang bermanfaat bagi tubuh.

Minyak kelapa merupakan bahan yang dikenal baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Selain itu, minyak kelapa dapat membantu mengontrol gula darah, mengurangi stres, dan mengurangi gejala asma.

Minyak kelapa juga dapat ditemukan di beberapa produk rumah tangga. Produk-produk tersebut antara lain minyak goreng, permen, shampoo, dan kopi mengandung minyak kelapa. 

Pembuatan minyak kelapa pun terbilang mudah. hanya dengan dua bahan, yaitu 12 buah kelapa dan 13 cangkir air, minyak kelapa bisa dibuat sendiri. Berikut langkah-langkahnya :

* Kupas kulit kelapa lalu belah menjadi dua. Pisahkan daging dan air kelapa.

* Kemudian, parut daging kelapa. Setelah itu, campurkan air dengan parutan kelapa. Kemudian peras parutan kelapa yang sudah tercampur dengan air hingga menghasilkan santan. Pisahkan antara santan dan ampas menggunakan wadah yang berbeda. Lakukan berulang-ulang hingga santan benar-benar terambil semua dari parutan kelapa. Saring santan yang sudah diperas.

* Kemudian masukan lagi air sebanyak lima gelas untuk pemerasan yang kedua. Setelah campurkan santan perasan pertama dan kedua.

* Simpan yang sudah ditempatkan di mangkuk ke dalam di lemari es selama beberapa jam. Proses ini bertujuan untuk memisahkan lemak yang terkandung dalam santan. Lemak akan mengendap ke atas permukaan mangkuk sehingga memudahkan untuk diambil. 

* Ambil lemak yang mengendap di permukaan mangkuk menggunakan sendok besar. Kemudian, masukkan endapan lemak tersebut ke panci.

* Panaskan endapan lemak tersebut di atas api sedang. Rebus selama 1 ½ jam sampai 2 jam atau hingga mengental menjadi adonan minyak.

* Kemudian, saring residu dari rebusan adonan tersebut.
Panaskan lagi minyak tersebut dengan api sedang selama 10 menit.

* Biarkan minyak mendingin selama beberapa jam. Setelah itu, saring ke dalam botol yang sudah disterilkan.


(id)











Komentar

Tampilkan

Terkini