Soppeng Capai Herd Immunity? -->

Halaman

Soppeng Capai Herd Immunity?

RAKYATINFO.COM
, Februari 17, 2022 WIB
masukkan script iklan disini
int.


RAKYATINFO, SOPPENG - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Soppeng, Sallang menyakini bahwa Herd Immunity atau Kekebalan Kelompok terhadap Covid-19 telah tercipta di wilayah Kabupaten Soppeng.

Patokannya adalah cakupan vaksinasi Covid-19 Kabupaten Soppeng yang sudah mencapai angka 92,36 persen atau 176.543 orang dari 191.150 wajib vaksin untuk kategori masyarakat umum.

"Belum lagi dengan cakupan vaksinasi anak yang sudah mencapai angka 86,55 persen dan Remaja 106,33 persen. Kami yakin Herd Immunity warga Soppeng sudah tercipta," kata Sallang, Kamis (17/2/2022).

Dilansir dari situs infeksiemerging.kemkes.go.id, Herd immunity adalah situasi ketika sebagian besar populasi telah kebal terhadap penyakit menular tertentu.

Kekebalan tersebut memberikan perlindungan tidak langsung atau kekebalan kelompok bagi mereka yang tidak kebal terhadap penyakit menular tersebut.

Misalnya, jika 80% populasi kebal terhadap suatu virus, empat dari setiap lima orang yang bertemu seseorang dengan penyakit tersebut tidak akan sakit dan tidak akan menyebarkan virus tersebut lebih jauh. 

Biasanya, suatu virus atau penyakit menular akan dapat dikendalikan jika 70 persen-90 persen populasi sudah kebal.

Meski demikian, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Soppeng tetap meminta masyarakat agar tidak lengah dan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Masyarakat juga dihimbau untuk dapat melengkapi penerimaan vaksin Covid-19, baik Dosis Pertama, Kedua maupun Ketiga (Booster).

"Kami himbau kepada masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi lengkap, agar kita dapat menyakinkan diri kita sudah terproteksi dari Covid-19 sehingga melindungi orang-orang sekitar kita," ujar Sallang.

"Apabila ada yang sudah lengkap vaksinnya tapi ternyata terinfeksi virus, maka pasti tidak akan separah dibanding orang yang tidak lengkap vaksinasinya. Jadi ayo cepat vaksin dan tetap pakai masker!," tambah Sallang. (id)
Komentar

Tampilkan

Terkini