Pengalaman Kapolres Soppeng Pertama Kali Mencicipi Lawa Bale Khas Tappareng -->

Halaman

Pengalaman Kapolres Soppeng Pertama Kali Mencicipi Lawa Bale Khas Tappareng

, Maret 20, 2022 WIB
masukkan script iklan disini
Sejumlah Pejabat Nampak Menghadiri Jamuan Makan Siang di Pesta Adat Maccera Tappareng di Danau Tappareng


RAKYATINFO, SOPPENG - Kapolres Soppeng, AKBP Santiaji Kartasasmita menceritakan pengalamannya pertama kali mencicipi Lawa Bale. 

Santiaji mencicipi Lawa Bale saat menghadiri Pesta Adat Maccera Tappareng dan Lomba Perahu Dayung di Danau Tappareng Anitue, Kelurahan Kaca, Kecamatan Marioriawa, Minggu (20/3/2022).

Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit Waster Ditpamobvit Polda Bali ini mengaku sangat menikmati kuliner khas masyarakat Bugis tersebut.

"Enak!, ikan mentah rasa mangga, Belum pernah sebelumnnya," ujar Santiaji.

Dilansir dari berbagai media, Lawa bale merupakan makanan khas dari suku Bugis. Makanan ini adalah makanan mentah yang disajikan tanpa dimasak. Bahan utama untuk pembuatannya ialah ikan.

Ikan yang digunakan itu biasanya ikan kecil-kecil seperti ikan teri, ikan banjar dan ikan jambu-jambu. 

Lawa Bale biasanya terbuat dari ikan segar mentah yang baru saja ditangkap.

Pemilihan ikan segar sebagai bahan utama tentunya bukan tanpa alasan, sebab penggunaan ikan yang segar akan membuat Lawa Bale memiliki rasa yang lebih nikmat saat disantap.

Meski terbuat dari ikan segar, rasa Lawa Bale tidak seburuk bahkan seamis yang dibayangkan karena telah dicampur dengan beberapa bahan lainnya. Seperti penggunaan air asam cuka sebagai rendaman untuk menghilangkan bau amis ikan.

Lawa Bale menjadi sangat nikmat jika ditambahkan dengan bahan lainnya seperti parutan kelapa yang terlebih dahulu melalui proses sangrai.

Kemudian ditambahkan dengan mangga muda dan juga perasan jeruk nipis yang akan menambah rasa makanan unik ini semakin mantap.

Selain rasanya yang lezat, menurut kepercayaan suku Bugis, mengkonsumsi Lawa Bale akan meningkatkan vitalitas pada pria. (id)

Komentar

Tampilkan

Terkini