2 Catatan Penting Rapat Pleno RHPPS Pemilu 2024 KPU Soppeng -->

Halaman

2 Catatan Penting Rapat Pleno RHPPS Pemilu 2024 KPU Soppeng

RAKYATINFO.COM
, Februari 27, 2024 WIB
masukkan script iklan disini



Soppeng, Rakyatinfo com-- Memasuki hari kedua rapat pleno terbuka rekapitulasi perhitungan perolehan suara KPU Soppeng yang dilangsungkan di Aula Triple 8 Riverside Resort Kelurahan Lemba Kecamatan Lalabata, Selasa (28/2/2024). 

Sebelumnya rapat pleno yang berlangsung di hari pertama yang berlanjut hingga malam para PPK menyampaikan hasil perolehan perhitungan suara mulai kecamatan Ganra, Citta, Donni dan kecamatan Marioriawa dengan pimpinan sidang dari Ketua KPU Soppeng Irwan Usman berlanjut ke Haswinardi hingga ke komisioner KPU Risal. 

Dihari kedua rapat pleno terbuka menjadi catatan dan sorotan oleh Ketua Bawaslu kabupaten Soppeng Muhammad Hasbi yang disebabkan kegiatan rapat pleno yang sedianya di mulai pada pukul 9.00 wita namun sempat molor hingga pukul 10.05 baru di mulai. 

Pihak KPU Soppeng yang memimpin sidang Risal menyebutkan bahwa keterlambatan kegiatan karena adanya urusan privat, katanya. 

Catatan kedua juga terjadi pada saat PPK Kecamatan Marioriwawo menyampaikan hasil rekapitulasi perhitungan perolehan suara untuk DPR RI menuai intruksi dari saksi partai Golkar yang diketahuinya caleg nomor urut 5 Supriansa memiliki jumlah suara 21 di TPS  3 Desa Marioriaja kecamatan Marioriwawo, sementara di C Hasil hanya 20 suara sehingga saksi Golkar meminta untuk perhitungan ulang surat suara dan pimpinan sidang menyetujui, dengan keputusan rapat pleno berlanjut ke PPK Kecamatan Liliriaja. 

Ketua PPK Kecamatan Marioriwawo Andi Rudianto menegaskan bahwa hasil perhitungan yang ada di C Hasil setelah diperbaiki tetap 20 berdasarkan C Hasil dan C salinan. 

Sementara Ketua Panwascam Andi Nini menyampaikan bahwa saat rekapitulasi di tingkat kecamatan tidak dilakukan perhitungan surat suara ulang karena sudah klop dan disetujui para saksi termasuk dari parrai Golkar, tandasnya. 

(Red) 
Komentar

Tampilkan

Terkini